Menu
Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik! Berikut Daftar Harga Terbaru

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik! Berikut Daftar Harga Terbaru

Gita Panuli 4 months ago 1 1

Harga Tiket – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tiket masuk kawasan wisata Candi Borobudur akan dinaikkan. Selain itu, Luhut menjelaskan, seluruh wisatawan juga harus menggunakan pemandu wisata dari warga sekitar kawasan Borobudur.

Luhut mengatakan tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp. 750.000 perlu dilakukan untuk membatasi jumlah kunjungan. Ia menargetkan, dengan adanya tiket masuk Borobudur yang baru, jumlah kunjungan wisatawan ke candi Budha tersebut sebanyak 1.200 orang per hari.

Sedangkan untuk wisatawan asing, lanjut Luhut, tiket masuk Borobudur akan dikenakan biaya 100 dollar AS atau setara Rp. 1.443.000.000 (kurs Rp 14.400) atau hampir dua kali lipat dari harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan lokal.

Penetapan kuota tersebut bertujuan untuk melindungi bangunan atau konservasi Candi Borobudur dalam rangka melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Sebelum pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan yang menaiki bangunan Candi Borobudur rata-rata sekitar 10 ribu orang per hari. Selama pandemi, pengelola menutup akses ke Candi Borobudur dan kunjungan wisatawan hanya sebatas pelataran candi.

https://www.instagram.com/p/CeX3hjoBNJf/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Detail harga tiket Candi Borobudur terbaru:

  • Tiket masuk Candi Borobudur: Rp 50.000 per orang untuk wisatawan domestik.
  • Harga tiket naik ke Candi Borobudur: Rp 750.000 per orang untuk wisatawan domestik.
  • Harga tiket naik ke Candi Borobudur: Rp 5.000 per orang untuk pelajar.
  • Harga tiket naik ke Candi Borobudur: USD 100 per orang untuk pelajar.

Baca Juga: Keluarga Tetap Lanjutkan Proses Pencarian dan Melaksanakan Salat Gaib

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono mengungkapkan, bangunan Candi Borobudur mulai mengalami penurunan dan erosi yang diduga akibat kelebihan beban akibat kunjungan wisatawan.

Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang kini berada di bawah pengelolaan BUMN pariwisata yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero).

Selain kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur, pengunjung candi juga akan diwajibkan menggunakan jasa pemandu lokal. Tiket masuk Borobudur yang baru (Borobudur Ticket) sendiri merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah dan pengelola.

Tombol Share
Written By

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply